Proses Pencernaan dan Penyerapan Makanan Pada Manusia

Untuk kalian yang belum tahu tentang Proses Pencernaan dan Penyerapan Makanan Pada tubuh Manusia, Nih saya akan memberikan jawabannya. Simak selengkapnya dibawah ini yah

Mengkonsumsi makanan atau minuman itu merupakan keharusan semua makhluk hidup terutama manusia untuk bisa bertahan hidup. Tapi apakah terpikir oleh anda semua bagaimana cara proses pencernaan dan penyerapan makanan pada tubuh manusi atau pada tubuh anda sendiri yang melalui berbagai macam jalan mulai dari masuk ke tenggorokan sampai kada lambung dan lainnya ?

Makanan merupakan sumber energi untuk tubuh, kandungan dan nutrisi yang terdapat didalamnya memberikan energi serta zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Tapi, sebelum menjadi bagian dari tubuh, makanan yang kita makan akan melalui proses penyerapan dan pencernaan sampai menjadi bagian kecil yang bisa diserap oleh tubuh.

Proses Pencernaan dan Penyerapan Makanan Pada Manusia

Makanan yang kita makan, akan menjadi bagian dari tubuh dengan melalui empat proses pencernaan dan penyerapan makanan pada tubuh manusia, yaitu :

  • Menelan Makanan

Mulut merupakan awal dari saluran pencernaan. Pada gigitan pertama makanan, maka proses pencernaan langsung dimulai, saat memasuki proses pengunyahan menjadi bagian yang lebih kecil, maka air lirut akan memproduksi air liru guna membantu memperhaluskan makanan. Air liur juga mengandung enzim yang mulai mencerna karbohidrat menjadi lebih kecil agar dapat diserap oleh usus.

Pada tahap selanjutnya, lida akan mendorong makanan yang sudah halus ke belakang mulut menuju Esofagus atau kerongkongan, yang nantinya gerakan peristaltik dari otot halus akan membawa makanan menuju perut.

  • Pencernaan Pada Lambung

Distributor Resmi QnC Jelly Gamat || Lambung yang berbentuk seperti kantong mempunyai dinding-dinding otot yang sangat kuat. Selain untuk menampung makanan, lambung juga berguna dalam menghancurkan dan menghaluskan makanan. Saat makanan memasuki daerah lambung atau sudah berada didalam lambung makan proses pencernaan protein pun dimulai.

Perut akan menghasilkan asam dan enzim dan dilanjutkan dengan proses pencernaan makanan. Pada saat keluar dari perut, makanan akan memiliki tekstrus seperti pasta atau cair yang lembut dan bergerak ke usus halus.

  • Pencernaan dan Penyerapan pada Usus Halus

Kalau diukur, usus halus ini sebenarnya mempunyai panjang yang melebihi tinggi manusia, usus halus memiliki panjang sekitar 6 meter dan terdisi dari tiga bagian, seperti Usus Duabelas Jari (Duodenum), Usus Kosong (Jejunum), dan Usus Penyerapan (Ileum).

Didalam usus halus, makanan akan diproses kembali dengan enzim pencernaan yang diproduksi oleh pankreas, usus halus, dan cairan empedu dari kantong empedu. Ketiga anggota tubuh ini akan bekerja berbarengan untuk bisa menyelesaikan pencernaan makanan menjadi lebih kecil untuk bisa diserap oleh pembuluh darah usus.

Enzim pencernaan secara kimiawi dapat memecah molekul makanan kompleks menjadi lebih sederhana lagi, kemudian cairan empedu akan membantu proses pencernaan mekanis yang memecah lemak sehingga menjadi partikel yang lebih kecil lagi. Saat makanan mulai melalui usus dua belas jari, maka proses pencernaan selesai dan para proses berikutnya adalah penyerapan.

Pada umumnya, proses penyerapan makanan terjadi pada usus halus jejunum dan ileum karena pada jenis dua usus ini terdapat banyak lipatan (jonjot-jonjot usus) atau Vili yang memiliki fungsi memperluas permukaan penyerapan makanan sehingga dapat diserap dengan lebih efektif dan efisien.

Selama proses penyerapan terjadi, molekul makanan akan memasuki aliran darah melalui dinding usus. Pembuluh darah mikroskopik atau kapiler dalam jonjot usus akan menyerap hasil pencernaan yang sudah berupa protein dan karbohidrat, sedangkan pembuluh getah bening dalam jonjot usus akan menyerap lemak.

Disinilah aliran darah akan membawa makanan yang sudah dicerna menuju hati. Sel-sel hati akan menyaring zat-zat berbahaya dalam darah dan akan menyimpan vitamin larut dalam lemak serta nutrisi yang berlebihan seperti glukosa untuk disimpan sebagai cadangan. Nutirisi cadangan ini akan dilepas pada saat tubuh memerlukan energi ekstra. Misalkan pada saat orang sedang olahraga lagi maraton atau bersepeda maraton.

  • Penyerapan pada Usus Besar

Sebagian besar makanan yang masuk ke dalam usus besar merupakan sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna atau diserap dan air. Usus besar ini terdisi dari enam bagian yang dimulai dari Sekum, Kolon asenden, Kolon transversum, Kolon desenden, Kolon sigmoid, dan Rektum.

Usus besar mempunyai tugas utama untuk menyerap air dan mineral yang berasal dari sisa makanan, sehingga membuatnya menjadi lebih padat dan membentuk tinja. Gerak peristaltik pada usus besar akan mendorong tinja untuk menuju rektum hingga dikeluarkan melalui anus. Kecukupan air dan serat menjadi hal yang paling utama dan penting untuk mendukung kelancaran pada prises pencernaan.

Untuk mendapatkan kesehatan dan kelancaran pada Proses Pencernaan dan Penyerapan Makanan pada tubuh manusia, anda harus mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan kaya serat dan minum 8 gelas air perhari. Selain berguna untuk menyahatkan dan melancarkan proses pencernaan, pola sehat ini juga dapat menjaga kondisi tubuh supaya tetap prima dan kuat.

Proses Pencernaan dan Penyerapan Makanan pada Manusia