Mitos atau Fakta ? Ini Alasan di Balik Mata Yang Selalu Kedutan

Mitos atau Fakta ? Ini dia Alasan di Balik Mata Yang Selalu Kedutan yang sering menimpa kita semua dan banyak mitos yang mengatakan bahwa itu adalah pertanda baik ataupun pertanda buruk. Tapi faktanya ? simak saja terus dibawah ini.

Bukan setiap orang laig, tapi semua manusia pasti pernah merasakan kedutan pada bagian mata mereka. Kedutan pada mata biasanya dikaitkan dengan hal buruk dan baik tapi faktanya hal tersebut dapat menjadi suatu pertanda adanya gejala penyakit atau gangguan pada kesehatan. Tapi hal seperti ini tidaklah perlu dikhawatirkan secara serius.

Alasan di Balik Mata Yang Selalu Kedutan

Penjelasan dari Donny Suh MD, Professor Truhlsen Eye Institute dari University of Nebraska Medical Center mengungkapkan jika kedutan pada mata mungkin mengganggu namun biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan bahkan sangat jarang mengindikasi adanya masalah mata. Seringkali, hal ini hanyalah stimulasi berlebihan pada otot mata.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa terjadinya kedutan pada mata dan yang paling banya dipicu karena stres dan kurang tidur. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein, minuman beralkohol, dan nikotin juga dapat berpotensi menimbulkan kedutan pada mata. Selain itu, kedutan pada mana juga dapat terjadi karena mata kering dan efek obat-obatan seperti antihistamin, antidepresi, dan obat decongestan.

Untuk kasus yang serius, terjadinya kedutan pada mata bisa menjadi suatu gejala atau tanda terkenanya glaukoma, blepharitis atau pembengkakan pada kelopak mata, uveitis, dan abrasi kornea.

Baca Juga : QnC Jelly Gamat Dapat Mengatasi Masalah Glaukoma, Penyakit Maag, Diabetes, Luka Luar dan Dalam, Masalah Jantung, Asam Urat dan Penyakit Kulit

Kedutan yang muncul pada mata biasanya tidak akan berlangsung lama, tapi jika anda mengalami kedutan lebih dari beberapa minggu, penglihatan kabur atau dobel, dan adanya kontaksi di bagian wajah lain selain kolopak mata, ini harus sudah memeriksakan kesehatan mata anda ke dokter karena hal ini dapat menjadi gejala dari Bell’s Palsy, Multiple Sclerosis, dan Sindrom Tourette.

Selain dari Alasan di Balik Mata Yang Selalu Kedutan, dibawah ini ada juga cara menghentikan atau mengatasinya

Jika mata yang kedutan disebabkan oleh stres atau kelelahan, cara yang terbaik untuk menghentikannya adalah dengan beristirahat dengan cukup. Lakukan meditasi atau relaksasi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Kurangi konsumsi kopi, alkohol, rokok, melihat layar elektronik, karena kebiasaan tersebut dapat membuat mata kering. Sesekali pejamkan mata dan melihat benda jauh untuk bisa mengembalikan fokus mata dan meringankan mata yang lelah.

Pada saat kedutan berlangsung dengan frekuensi yang lama anda bisa mengurangi pemicuna dengan cara diatas. Kedutan dapat diatasi dengan baik dan tidka perlu khawatir untuk gejala-gejala penyakit tertentu. Selalu periksakan mata anda ke dokter mata agar dapat mengetahui kesehatannya.

Alasan di Balik Mata Yang Selalu Kedutan