Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Kuning Telur

Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Kuning Telur yang dapat dirasakan oleh tubuh meskipun dikonsumsi secara runtin dan teratur.

Telur memanglah sangat bergizi dan terjangkau dalam masalah harga dipasar atau diwarung-warung dekat rumah anda. Telur menjadi salahsatu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang karena sangat mudah untuk diolah. Tapi apakah kalian tahu, ternyata selain ada manfaatnya, mengkonsumsi kuning telur juga dapat berisiko untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Kuning Telur

Didalam satu buah telur, terdapat 72 kalori. 17 kalori didalam putih telur dan sisanya 55 kalori terdapat didalam kuning telur. Dalam satu butir kuning telur terdapat sekiat 180-200 mg kolesterol dan 6 mg lemak yang menjadikan alasan banyak orang takut untuk mengkonsumsinya. Meskipun mengandung kolesterol dan kalori yang terbilang banyak, ternyata kuning terlu berdampak positif juga untuk kesehatan tubuh.

Dibawah ini ada beberapa Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Kuning Telur yang diambil dari beberapa sumber ternama :

Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Kuning telur menjadi salah satu sumber vitamin D alami yang berguna dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan sangat membantu dalam penyerapan kalsium
  2. Selain mengandung Vitamin D, didalam kuning telur juga terdapat Lutein yang dipercaya bisa menjadi pencegah dalam perkembangan penyakit jantung.
  3. Protein yang terdapat didalam kuning telur berjumlah setengahnya dari protein yang terkandung didalam satu butir telur
  4. Kuning telur dipercaya mampu untuk mencegah terjadinya risiko cacat saraf pada janin seperti spina bifida karena didalamnya terdapat kandungan kolin yang cukup
  5. Jumlah lemak didalam kuning telur memang banyak, tapi didalamnya juga terdapat lemak sehat omega-3 yang sangat baik untuk kinerja memori dan otak, serta dapat membantu untuk menurangi peradangan dalam tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis seperti artritis, jantung dan kanker
  6. Dalam satu butir telur mengandung nutrisi yang mencukupi kebutuhan tubuh yakni Vitamin A, Vitamin E, Folat, Biotin, dan Kolin yang sebagian besar dari nutrisi tersebut tersimpan pada kuning telur.

Banyak manfaat yang didapatkan oleh tubuh ketika mengkonsumsi kuning telur. Para ahli pun menyarankan untuk mengkonsumsi kuning telaur setidaknya 6 butir per minggu itupun jika tubuh anda sehat dan memiliki jantung yang kuat.

Dari banyaknya manfaat kuning telur diatas, ternyata mengkonsumsi kuning telur ada resikonya juga jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam porsi yang banyak.

Untuk anda yang mempunyai masalah pada jantung dan kolesterol tinggi, sebaiknya jangan mengkonsumsi lebih dari 4 butir telur per minggu. Himbauan pun muncul dari para ahli Harvard yang menyarankan kepada kita untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 3 butir telur per minggu bagi kalian yang mempunyai masalah kesehatan pada jantung dan diabetes.

Alasannya, seperti yang sudah saya tulis diatas. Jumlah kandungan kolesterol dalam kuning telur terbilang banyak. Orang yang mengkonsumsi kuning telur lebih dari 3 butir seminggu, dipercaya dapat memperburuk dan memperparah  pembentukan plak atau terjadinya sumbatan dalam arteri. Jika arteri tersumbat, maka aliran darah akan berkurang dan ini berisiko menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

Meskipun mengkonsumsi telur tidaklah dilarang dan bahkan banyak para ahli, dokter, atau siapapun merekomendasikan untuk dikonsumsi tapi jika dalam jumlah pengkonsumsiannya berlebihan maka akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Untuk di ingatkan, konsumsilah telur secara matang. Karena, jika dikonsumsi mentah atau setengah matang atau kuning telur masih berair dapat menyebabkan keracunan makanan.

Cara memasak telur yang baik adalah dengan direbus tanpa menggunakan garam, dan tidak dianjurkan untuk memasak telur dengan cara digoreng, karena itu dapat meningkatkan kandung lemak bertambah sampai 50%.

Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Kuning Telur bisa kita dapatkan keduanya tergantung kita dalam mengkonsumsinya jumlah terlur dan cara memasaknya seperti apa. Membaca dari atas tidak ada salahnya jika telur dimasukan kedalam menu makanan harian asalkan porsinya tidak berlebihan saja.

Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Kuning Telur