Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa jenis Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan bisa dikonsumsi setiap hari secara runtin untuk mendapatkan khasiatnya

Ketika mendengar kata lemak, banyak orang yang akan merasa tidak nyaman apalagi orang yang paling menjaga bentuk tubuhnya. Pada umumnya, orang-orang hanya berpikir jika lemak itu akan menyebabkan kegemukan dan tidak sehat untuk tubuh, serta yang paling banyak takut akan lemak adalah para wanita.

Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Mengkipun manusia menghindari lemak, tapi pada dasarnya tubuh seorang manusia juga membutuhkan lemak agar organ-organ dalam tubuh manusia dapat bekerja secara sempurna.

Didunia ini, tidak hanya ada lemak jahat. Tapi ada juga lemak yang baik untuk tubuh seperti lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated) dan lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated) yang mempunyai manfaat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol tinggi, menurunkan kadar gula darah dan insulin untuk menghindari risiko terjadinya penyakit diabetes.

Bukanlah definisi lemak yang akan kita bahas, tapi beberapa jenis Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh manusia, yaitu :

  • Telur

Dalam satu butir telur ayam yang utuh mengandung 3,5 garam lemak tak jenuh dan 1,5 gram lemak jenuh. Selain itu, telur juga mengandung Kolin yang berguna dalam menjaga sistem kardiovaskuler tubuh, sistem saraf, dan otak. Pada intinya, dengan mengkonsumsi telur secara rutin, kesehatan jantung akan terjaga dengan baik dan terhindar dari risiko penyakit jantung (Menjaga kesehatan Jantung bisa dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat)

  • Kedelai

Segenggam kedelan yang dikonsumsi setiap hari dapat menjadi awal yang baik untuk menjaga kesehatan dan pola makan yang sehat. Kedelai ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda serta mengandung protein dan serat yang sangat baik untuk tubuh.

  • Keju Parmesan

Keju Parmesan ini mengandung lebih banyak lemak jenuh daripada seumber makanan nabati lain. Meskipun begitu, keju mengandung nutrisi penting seperti kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu saja, keju juga mengandung lebih banyak protein daripada daging dan telur.

  • Tahu

Didalam tahu terdapat kandungan protein dan juga merupakan sumber lemak sehat. Tahu juga berguna untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Kandungannya yang rendah akan natrium, maka sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin

  • Buah Alpukat

Buah yang memiliki warna khas hijau tua ini mengandung 23 gram lemak tak jenuh tunggal dan mengdung 40% serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Alpukat juga terbebas dari kolesterol, mengandung natrium alami, dan sumber lutein yang baik atau jenis antioksidan yang sangat bagus untuk menjaga daya penglihatan. Buah alpukat ini mengandung kalori yang besar sehingga dalam sekali makan sebaiknya hanya 1/4 bagian saja atau dimana sedikit demi sedikit untuk menghindari risiko masalah kesehatan terjadi.

Masih banyak jenis makanan lain yang mengandung lemak baik atau lemak sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kacang kenari dan chia seeds.

Seimbangkan kandungan nutrisi dan gizi dari setiap jenis makanan yang dimakan sehari-hari dengan mencukupi lemak sehat, maka tubuh akan berfungsi dengan baik dan kesehatan pun akan tetap terjaga.

Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh