Efek dan Penyebab Kekurangan Vitamin K

Bahaya Efek dan Penyebab Kekurangan Vitamin K yang berisiko dapat memicu terjadinya pembekuan darah dan pendarahan berlebih. Dengan mengetahui hal ini sudah dapat diketahui bahwa tugas dari Vitamin K ini adalah untuk mengatasur proses koagulasi atau pemberkuan darah

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, asparagus, selada air, dan kacang-kacangan mengandungan vitamin K. Sedangkan makanan lain yang mengandung Vitamin K yakni Zaitun, Kedelai, dan gandum. Kebutuhan vitamin K yang idelan bagi orang dewasa takarannya adalah 100-200mcg per hari.

Ada Tiga Jenis Vitamin K, Yakni :

  • K-1 dikenal dengan istilah Phylloquinone atau Phytonadione yang berasal dan diproleh dari tanaman
  • K-2 dikenal dengan istilah Menaquinone yang berasal dan diproleh dari bakteri baik dalam usus
  • K-3 dikenal dengan istilah Menadianone merupakan jenis vitamin K yang larut dalam air dan berupa vitamin buatan. Fungsi untuk pengobatan beberapa jenis penyakit

Efek dan Penyebab Kekurangan Vitamin K

Efek dan Penyebab Kekurangan Vitamin K

Kenapa seseorang dapat kekurangan vitamin K ? secara khusus, kekurangan vitamin K pada seseorang dikarenakan mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang memberi efek samping untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu. Obat-obatan tertentu itu menghambat upaya bakteri dalam membentuk vitamin. Selain dari efek obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin K juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada aliran empedu yang dimana empedu ini adalah salah satu anggota tubuh yang diperlukan untuk penyerapan vitamin K.

Sumber yang paling utama vitamin K tidak lain adalah dari makanan. Mengkonsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup dapat disimpan dalam tubuh sebagai persediaan selama satu minggu. Intinya, jika seseorang kekurangan vitamin K, tubuh masih bisa mendapatkan vitamin K dari cadangan yang disimpan oleh tubuh dan kebutuhan vitamin K masih bisa terpenuhi.

Efek dari Kekurangan Vitamin K

Distributor Resmi QnC Jelly Gamat || Biasanya, orang yang mempunyai kondisi sehat sangat jarang untuk mengalami kekurangan vitamin K dalam tubuh mereka. Risiko seperti ini lebih banyak terjadi pada bayi yang baru lahir sampai mereka berusia 28 hari. Beberapa dari penderita kekurangan vitamin K akan memiliki faktof risiko yang meningkatkan risiko terjadinya defisiensi vitamin K. Risiko itu seperti :

  1. Pennyakit saluran empedu
  2. Penyakit hati seperti sirosis hari dan penyakit gaucher
  3. Anti pembekuan darah berlebih
  4. Malabsorpsi, seperti penyakit celiac, pertumbuhan bakteri berlebih, ascariasis dan pan kreatitis akut

Vitamin yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh salah satunya adalah vitamin K terutama pada bayi yang baru saja lahir. Jika bayi mengurangi vitamin K maka akan berisiko tinggi dalam menderita penderahan yang berlebih pada beberapa bagian tubuh. Hal biasanya yang mengakibatkan bayi kekuranganya vitamin K, yaitu :

  1. Ketidakmampuan batkeri Lactobacillus pada usus untuk memproduksi vitamin K
  2. Kandungan vitamin K yang rendah pada ASI

Tidak hanya orang dewasa saja, bayi juga dapat mengalami defisiensi vitamin K ketika mereka masih dalam kandungan, yaitu pada saat aliran vitamin K dari ibu melalui plasenta kepada bayi tidak mencukupi. Tapi harus berhati-hati juga dalam pemberian vitamin K berlebih pada ibu hamil akan meningkatkan risiko bayi terlahir dengan penyakit kuning atau jaundice.

Sebenarnya, tubuh semua manusia secara alami tidaklah mudah untuk mengalami kekurangannya vitamin K, karena asupan tersebut sudah dipenuhi dari makanan dan gizi yang dikonsumsi pada umumnya. Selain itu, vitamin K bisa dihasilkan secara alami oleh bakteri usus besar (kolon) dan kemampuan tubuh manusia dalam memperbaharui vitamin K, jadi memang sangat wajar jika manusia tidak perlu mengalami kekurangan vitamin K.

Dari semua itu, tetap ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang menjadi sumberi vitamin K secara berkala untuk menjadi kebutuhan vitamin K agar tetap tercukupi. Seperti biasa, berkonsultasi dengan dokter dalam bidangnya atau dokter khusus untuk mengetahui apakah tubuh kita kekurangan vitamin K atau sudah terpenuhi untuk menghindari beberapa jenis masalah kesehatan yang dapat menimpa anda.

Efek dan Penyebab Kekurangan Vitamin K