Capek dan Lelah Saat Hamil ? Ini Penyebabnya

Untuk para ibu hamil, ini ada penyebab capek dan lelah saat hamil semoga saja dapat membantu yah. silahkan baca lebih lengkapnya

Mengalami rasa capek dan lelah ketika masa kehamilan datang memang menjadi hal yang sangat wajar. Mengapa ? karena tubuh wanita menopang dua badan, rasa cepat capek dan lelah saat hamil biasanya akan terasa pas awal kehamilan dan memasuki angka 12 minggu.

Capek dan Lelah Saat Hamil ? Ini Penyebabnya

Dalam beberapa penelitianpun belum ada kesimpulan apasaja yang menjadikan tubuh seorang wanita menjadi cepat capek dan lelah saat masuk masa kehamilan. Tapi ada beberapa penyebab yang memang dapat menjadikan tubuh mudah cepat dan lelah saat hamil :

  • Capek dan lelah yang muncul diakibatkan menopang tubuh tambahan yaitu bayi anda. Ini menyebabkan anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih
  • Meningkatnya hormon progesteron yang terjadi saat masa kehamilan
  • Terkurasnya energi dengan mual-mual dan muntah yang sering
  • Saat memasuki masa kehamilan biasanya tidur menjadi tidak teratur dan sulit
  • Metabolisme tubuh bekerja lebih banyak untuk membentuk dan mengembangkan plasenta atau ari-ari bayi. Tetapi biasanya hal seperti ini menyebabkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah menjadi menurun
  • Anemia, jenis masalah kesehatan padasaat masa kehamilan datang biasanya sering terjadi anemia defisiensi besi, anemia defisiensi vitamin B12 atau anemia defisiensi folat

Tips Meningkatkan Stamina Agar Tidak Merasa Capek dan Lelah Saat Hamil

Tambah Jam Tidur

Penambahan waktu jam tidur sangatlah baik untuk memulihkan kondisi tubuh yang sudah seharian dipakai untuk beraktvitas agar keesokan harinya tidak merasakan capek dan lelah yang luar biasa. Jika anda biasanya tidur jam 10 malam, usahakanlah mulai dari sekarang tidur sebelum jam 10 malam dan untuk anda yang bekerja, luangkanlah waktu 15-20menit untuk tidur sejenak saat jam istirahat.

Pola Makan

Pola makan harus sangat diperhatikan saat masa kehamilan, ini merupakan keharusan karena makanan yang masuk dalam tubuh juga sangat berpengaruh dalam tenaga yang akan kita pakai dihari itu juga. Untuk meningkatkan stamina, anda bisa mengkonsumsi telur, karbohidrat dari biji-bijian utuh, produk susu, daging dan ikan tanpa lemak, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan segar paling sedikit lima porsi dalam setiap harinya. Untuk penambahan stamina anda juga bisa meminum air kelapa atau air perasan lemon untuk mengatasi rasa lelah akibat mual yang muncul pada saat kehamilan.

Olahraga

Jangan salah, meskipun tubuh anda dalam keadan capek dan lelah saat hamil dan mengira dengan berolahraga itu dapat membuat anda lebih capek lagi itu salah. Dengan olahraga ringan yang benar dan rutin akan membuat kondisi tubuh semakin lebih baik dan meningkatkan stamina, serta meningkatkan kualitas tidur dimalam hari. Olahraga ringan yang direkomendasikan adalah bejalan kaki atau berenang dan rasakan manfaatnya.

Menangani Masalah Anemia

Untuk anda yang mengalami masalah ini, tentunya harus memburuhkan asupan suplemen zat besi atau asam folat. Selain itu, anda mungkin disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua zat tersebut. Makanan yang mengandung zat besi bisa didapatkan dari biji-bijian, beras merah, kacang-kacangan, daging sapi, daging unggas, dan seafod. Sementara makanan yang mengandung asam folat terdapat pada bayam, sawi, selada, kacang merah, brokoli, jagung, kacang kedelai, buncis, alpukat dan stroberi.

Mengatasi masalah anemia dengan benar sangatlah direkomendasikan supaya menghindari risiko bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir dengan anemia, dan bayi lahi dengan keadaan (maaf) cacat.

Dimasa akhir kehamilan juga akan timbul rasa capek dan lelah karena bertambahnya berat badan yang dialami. Kondisi perut yang semakin membesar ini juga dapat mengakibatkan kesulitas untuk tidur, terutama dalam menentukan posisi yang sangat nyaman dipakai tidur.

 

Penyebab Capek dan Lelah Saat Hamil